Sabtu, 03 April 2010

Contoh Kejahatan Dalam Dunia Perbankan

Aksi kejahatan pembobolan uang nasabah bank makin menggila. Bukan cuma melalui ATM, transaksi via internet banking kini juga rawan dibobol.Kasus kejahatan transaksi internet banking ini terungkap setelah polisi Satuan Cyber Crime Polda Metro Jaya menangkap EYN, pelaku pembobolan uang via internet banking senilai Rp 60 juta lebih. Polisi kini masih memburu HH, rekan EYN.
"Awalnya kami menerima laporan dari dua orang warga yang mengadukan saldo rekeningnya berkurang. Setelah diselidiki transaksi uangnya, kami temukan beberapa transfer ke rekening yang tidak dikenal," ucap Kasat Cyber Crime Direktorat Reserse Kriminal Khusus Polda Metro Jaya, AKBP Winston Tommy Watuliu, Selasa (2/2) siang.
Setelah dilacak, polisi menemukan tiga nomor rekening atas nama EYN dengan bank berbeda.Penyelidikan dilakukan sejak Agustus sampai November 2009. Menjelang akhir tahun, polisi meringkus tersangka yang lulusan sarjana ini. Kepada polisi, EYN yang berstatus pengangguran mengakui perbuatannya.
Dalam aksinya, EYN mengambil uang nasabah dengan cara membobol user ID milik korban. Selanjutnya tersangka yang tinggal di Jakarta ini melakukan pengacakan pasword dengan menggunakan data-data pribadi para korban. Setelah berhasil mendapati pasword, tersangka tinggal membobol saldo rekening korban dengan cara mentransfer via internet banking ke rekening miliknya.
Dikatakan Tommy, tersangka dipastikan pernah belajar soal informasi teknologi (IT). "Sangat tidak mungkin jika tidak pernah belajar IT, sebab tersangka bisa masuk ke dalam sistem perbankan untuk mendapatkan data-data nasabah yang menggunakan layanan internet banking," ucap Tommy.
Pengungkapan pembobolan uang lewat transaksi internet banking berawal dari laporan korban berinisial AS. Pada 4 September 2009, AS mengetahui saldo terakhir di rekeningnya berkurang sebesar Rp 60 juta. Sementara korban lainnya berinisial WRS yang kebobolan uang pada tanggal 29 Agustus 2009 dan 6 September 2009.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar